Rumus Membahagiakan Pelanggan

Untuk menggali kebutuhan dan keinginan tersebut, perlu dilakukan penelitian atau riset pasar yang ditujukan kepada goal pasar atau calon konsumen. Kita bisa memilih di antara lima metode riset yang ada, masing-masing memiliki karakteristik dan keunggulan tersendiri. Berdasarkan tiga konsumen di atas, perusahaan dapat merujuk pada jenis segmentasi yang terkait dengan goal pasar.

Konsep ini didasari oleh filosofi dan orientasi bisnis itu sendiri yakni upaya mencocokkan kemampuan perusahaan dengan keinginan pelanggan. Proses pencocokan ini terjadi dalam apa yang disebut lingkungan pemasaran, proses ini juga melibatkan pemasaran strategis dan taktis dalam struktur organisasi. Bisnis yang benar-benar berorientasi pemasaran sebenarnya dirancang secara struktural untuk memfasilitasi Konsep Pemasaran sebagai filosofi dan sebagai cara operasi.

Memang banyak dari Anda harus mengenali hubungan di sini dengan karya Abraham Maslow dan hierarki-nya dari kebutuhan dalam menjelaskan perilaku manusia melalui motivasi kebutuhan. Sebenarnya banyak dari kebutuhan ini diciptakan dari biologi manusia dan sifat sosial, hanya saja masyarakat manusia dan pemasar telah mengembangkan berbagai cara untuk memenuhi kebutuhan dasar ini. Semua manusia berbeda dan memiliki kebutuhan yang berbeda berdasarkan usia, jenis kelamin, posisi sosial, pekerjaan, kegiatan sosial, dll.

Tetapi, ada banyak hal yang berkenaan dengan pasar dan pembeli yang juga harus dipahami. Strategi pemasaran hanyalah desain konsep inti pemasaran yang tujuannya memudahkan pebisnis untuk memperoleh laba atas produk yang telah tersedia. Seiring perubahan selera pasar yang bersifat tidak bisa diprediksi, diperlukan strategi pemasaran baru yang tepat. Adanya pertukaran dalam bentuk transaksi membuat aktivitas ini dipandang sebagai sebuah proses, bukan lagi tindakan pemenuhan kebutuhan semata.

Pada pasar ini terdapat kumpulan konsumen yang mempunyai minat, penghasilan, akses terhadap suatu penawaran pasar. Contoh, sekumpulan konsumen yang mempunyai minat dan daya beli untuk membeli rumah tersebut. Akses untuk membeli rumah tersebut mudah karena pasar di wilayah itu menyediakannya. Pasar ini terdiri dari kumpulan konsumen yang mempunyai tingkat minat tertentu terhadap suatu penawaran pasar. Sebagai contoh, sekumpulan konsumen yang mempunyai minat untuk membeli rumah sederhana.

Pelanggan yang memiliki keinginan

Hasil dari hubungan baik ini tidak hanya kerjasama jangka panjang, namun juga jaringan bisnis menjadi terbuka luas. Keuntungannya adalah bisnis bisa semakin besar seiring dengan berjalannya waktu. Aspek ini dikenal juga dengan mix advertising, artinya ada perpaduan antar elemen-elemen pemasaran, yakni product, value, place, dan promotion . Keempatnya harus disusun secara terintegrasi agar tujuan pemasaran tercapai. Kak Lani memulai bisnisnya bermodalkan hobi dan kesenangan sendiri walaupun tidak memiliki latar belakang bisnis dan tidak pernah belajar bisnis yang ternyata mendapat suggestions yang baik saat itu.